DUKUNG PENINGKATAN PENGELOLAAN DATA GENDER DAN ANAK DI LINGKUNGAN PROVINSI KALIMANTAN TENGAH. BKD PROV KALTENG HADIRI RAPAT KOORDINASI FORUM DATA PENINGKATAN PENYAJIAN DAN PEMANFAATAN DATA GENDER DAN ANAK

Foto Bersama

Dukung Peningkatan Pengelolaan Data Gender dan Anak di lingkungan Provinsi Kalimantan Tengah. BKD Prov Kalteng hadiri Rapat Koordinasi forum data Peningkatan Penyajian dan Pemanfaatan Data Gender dan Anak dalam Kelembagaan Data Provinsi Tahun 2024. Dalam hal ini BKD Prov. Kalteng diwakili oleh Kepala Bidang Pengolahan Data dan Pelayanan Informasi, Ade Teresia Timbung. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) bertempat di Hotel Aquarius, Palangka Raya, Rabu (28/8/24).

Sekretaris Daerah Prov. Kalteng yang di wakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Yuas Elko menyampaikan data dan informasi merupakan komponen penting dalam penyelenggaraan pembangunan yang digunakan mulai dari tahap perencanaan, pembangunan, implementasi sampai dengan evaluasi program atau pengukuran pencapaian kinerja pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

“Untuk merancang kebijakan dan program pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, maka langkah awal yang diperlukan adalah adanya ketersediaan data terpilah yang akurat dan benar untuk disajikan dan dimanfaatkan”, tutur Yuas Elko.

Sahli Bidang Ekonomi Pembangunan Yuas Elko membacakan Sambutan Sekretaris Daerah

Sementara itu, Kepala DP3APPKB Prov. Kalteng Linae Victoria Aden dalam laporannya menyampaikan Rapat Koordinasi ini digelar bertujuan untuk menyamakan persepsi dan komitmen bersama bidang pembangunan pemberdayaan dan perlindungan anak khususnya bidang data dan informasi gender dan anak. Selain itu, sebagai wadah komunikasi antar OPD dan Lintas Sektor dalam penyediaan data terpilah gender dan anak serta meningkatkan pemahaman dan kemampuan SDM baik pengembangan, pemanfaatan dan penginputan Aplikasi Sistem Informasi Gender dan Anak (SIGA).

Peserta kegiatan rapat terdiri dari Kepala Bidang yang menangani Data SIGA serta Operator SIGA kabupaten/ kota masing, OPD terkait Prov. Kalteng yaitu Dinas Kesehatan, Pendidikan, Nakertrans, Dinas Sosial, Badan kepegawaian, Dukcapil dan Dinas Koperasi dan UMKM Prov. Kalteng serta dari Dinas P3APPKB Prov. Kalteng. Narasumber pada rakor ini yakni Kepala DP3APPKB Prov. Kalteng, dan dari Pihak ke 3 (tiga) Yan Friskantoni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *